Kuala Lumpur, Malaysia || Low Budget Solo Traveling

Tidak pernah terlintas di kepala akan menghabiskan libur di kota ini. Semua berawal saat saya sibuk memikirkan liburan pasca Hari Raya Idul Fitri. Maklum, THR seolah menjadi iming-iming rehat sejenak dari beban pekerjaan yang kian hari kian menumpuk, ada yang sepengalaman dengan saya?
Berawal dari hunting Tiket PP Bandung - Bali, dan wow, terbilang fantastis ya, mungkin high season. Rencana pun dicancel, mencoba peruntungan dengan search tujuan Changi Airport, sebenernya cukup murah, tiba-tiba terlintas untuk search Kuala Lumpur, dan jeng..jeng.. PP 1.500K, cukup murah kan untuk terbang dari Bandung. Maskapai “Malindo Air” pada waktu itu. H-10 Hari Raya saya hunting Hotel, Hotel Bintang 3 menjadi pilihan saya, dirasa akan cukup nyaman untuk istirahat. Dan dapat lah “Citin Seacare Hotel”, lokasinya dekat Central Pudu, nanti kita bahas.
H+1 lebaran saya berangkat, orangtua sempet agak kesal mengingat Hari Raya harusnya dihabiskan dengan quality time dengan keluarga besar, saya malah memilih untuk traveling. Berikut ini saya paparkan Itinenary traveling ke Kuala Lumpur dalam waktu 4 hari, semoga bisa dijadikan patokan untuk kalian yang mau kesana:

So, setelah kalian mendarat di KLIA 2, Jangan lupa untuk membeli kartu perdana, dulu saya beli Digi Kalau tidak salah. Kalau di indo itu kaya Indosat nya gitu. Setelah itu kita harus lanjut menuju KL Sentral. KL Sentral merupakan pusat public transportation, disini kalian bisa melanjutkan perjalanan ke hostel/hotel masing-masing. Pusing harus naik apa? gampang! Sekarang pakai Google Maps bisa, tinggal klik Tujuannya, nanti ada Pilihan / Alternatif transportnya mana saja. Tuh! Gitu ya contohnya.



Sesampainya di Hotel? Rebahan dulu. Minum. Rapihin barang, lanjut keliling cari makan. Street food jadi Pilihan terbaik. Selain menawarkan banyak pilihan, harganya pun ekonimis, cocok untuk kita “low budget traveller”. Oh iya kebetulan saya sampai tanggal 5 malam, sekitar jam 09an. Setelah beres-beres pakaian dan lain lain saya mengisi perut dengan berjalan kaki ke Street Food di Jalan Alor. Banyak sekali varian makanan disana mulai dari cemilan hingga makanan berat; nasi, seafood, buah-buahan, semua ada. 

Kenyang makan, saya kembali ke Hotel untuk istirahat. FYI di Kuala Lumpur itu pukul 07.00 (pas saya kesini) masih gelap. Matahari kaya baru mau terbit, pukul 19.30 kalau tidak salah adalah waktu maghribnya. 

Hari berikutnya saya Mulai dengan mengunjungi Masjid Jamek. Kebetulan lokasinya tidak jauh dari Hotel saya. Saya memutuskan untuk berjalan kaki sembari menikmati pemandangan sekitar.  


Masjid Jamek berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Dataran Merdeka & Sultan Abdul Samad Building;

Mohon maaf ada foto saya, soalnya view nya terlihat Bagus dengan foto ini. Bangunan-bangunan indah bernuansa islami sepanjang jalan ini sayang jika dilewatkan. Tempat-tempat diatas sangat instagramable. Jangan lupa bawa kamera ya 😊.
Tidak jauh dari bangunan bangunan di atas, kita bisa mampir ke Central Market untuk melihat-lihat maupun membeli oleh-oleh.   



Setelah keliling-keliling disini, saya merasa lapar. Saya memutuskan untuk ke mall terdekat untuk mencari baju ganti, karena saya hanya membawa beberapa helai baju. NU Sentral, saya membeli beberapa kemeja di cotton On, untuk harga hampir sama dengan Indonesia. Selain itu juga saya mampir ke Starbucks. Tolong Jangan ditiru Karena hal-hal seperti ini yang akan menghabiskan uang selama kalian Traveling. Streetfood Streetfood Streetfood….harusnyaa…



Pokoknya Kalau judulnya “Low Budget Traveling” hindari;
  1. Hindari makan makanan yang lumrah (di indonesia ada), cari makan khas negara tersebut, make sure kalian tahu recommended place nya dan range harganya ya…
  2. Selalu makan di streetfood / foodtruck atau di resto yang kalian Sudah tahu budget satu porsi disana
  3. Bawa baju secukupnya, karena nanti kalian pasti bakal bawa oleh-oleh, jangan sampai over capacity yaaa, bisa kena biaya bagasi lagi.
  4. Bawa air minum kemanapun Kalian pergi. Air putih saja cukup. Ini Karena seharian Penuh kita wara wiri sana sini, dari tempat satu ke tempat lain. So tenaga harus full dong.
  5. Payung? Penting sekali. Payung lipat kecil saja cukup kok. Payung? Ribet? Topi juga bisa. 

Hari selanjutya kita akan pergi lebih jauh, Putrajaya. Perjalanan ditempuh sekitar 1.5 jam Kalau tidak salah. Dimulai dari hotel ke KL sentral, dilanjutkan dengan KLIA transit menuju Putrajaya Stasiun, eittt ini contoh tiketnya… 


Harga tiketnya saya lupa, kisaran MYR 14. Setengah jam-an sampai. Setelah itu dilanjut dengan naik bisa, ini tiketnya;


Harganya saya juga lupa, Setengah jam-an juga dan kita akan melihat pemandangan yang asri-bersih sepanjang jalan;



Pemandangan ala Turkey akan membuat kalian takjub. Burung-burung terbang kesana kemari, membuat kalian betah berlama-lama menikmati pemandangan sekitar.





Setelah puas berkeliling, kalian harus kembali dengan bus yang sama. Bingung? Kalian bisa bertanya kepada polisi setempat yang berjaga disana. Mereka akan menunjukkan kalian halte untuk naik, atau kalian bisa langsung naik di lingkaran tempat bus akan putar balik. 
Jika kalian masih ada tenaga, Jangan lupa untuk mampir melihat pemandangan Petronas Twin Tower pada malam hari.


Jangan lupa untuk berfoto. Agak susah memang untuk mendapatkan view / angle yang bagus, Karena orang-orang bertebaran dimana-mana, mereka sama seperti kita ingin mendapatkan background dengan icon KL tersebut.

Hari berikutnya kita akan pergi lebih jauh lagi, Batu Caves. Perjalanan dimulai dari KL Sentral ke Batu Caves dengan Komuter (warna oranye) selama kurang lebih setengah jam dengan harga Tiket MYR 7.  

Kalian harus menaiki berapa ratus anak tangga. Kalau kalian datang kesini siang, cuaca disini sangat panas. Sediakan payung atau topi ya 😊.   



Setelah puas berkeliling-keliling, saatnya pulang dan mencari makan. Kita coba streetfood di Petaling Street sekalian lihat-lihat barang / spuvenir apa yang bisa dibawa untuk oleh-oleh.


Setelah selesai cari makan, waktunya istirahat. Dan tidak terasa Besok adalah hari terakhir untuk keliling-keliling. Jadi saya putuskan untuk ke Genting Highland. 
Dari hotel, kita harus menuju ke KL Sentral. Setelah itu kita ke bawah untuk membeli Tiket bus menuju Awana Bus Terminal, bis satu-satunya moda transportasi menuju kesana.


Kalian juga bisa langsung membeli Tiket Skyway. Oh iya dari Awana Bus Terminal lanjut ke Genting Highland menggunakan Skyway (kereta gantung), harga tiketnya MYR 9. Jika kalian datang di weekend Sudah pasti antri dimana-mana.



Setibanya Disana kalian langsung terkoneksi dengan mall. Kalian bisa makan Disana, main wahana, atau sekedar berkeliling untuk melihat mall unik bak negeri dongeng. 
Oh iya ini sekilas pemadangan dari atas ketika naik Skyway, berkabut sekali..

Menurut saya tidak ada yang istimewa dengan tempat ini. Hanya seru saja bisa naik Skyway.


Karena ini merupakan hari terakhir saya untuk keliling. Saya memutuskan untuk kembali ke KL Kota. Saya ingin melihat Petronas Twin Tower di siang - sore hari. Mungkin akan lebih indah untuk mengambil foto pada waktu tersebut.



Setelah itu? Keesokan harinya saya memesan Grab tujuan KL Sentral dilanjut dengan KLIA 2 menuju Bandara. Perjalanan seru, solo traveling, low budget traveling. Rincian biaya nya gimana kak? Boleh ku rinci dibawah ya?
  1. Tiket PP : 1.500.000 (kalian bisa dapat jauuuuuh lebih murah, 625K CGK - KUL bisa dapat tuh)
  2. Hotel 5 Hari : 1.500.000 (Bintang 3, lebih murah? Bisa banget! Dormitory bisa jadi alternatif, atau cari kos / apart di airbnb, akan lbh worth it to stay! Be wise! 😊
  3. Makan & Akomodasi : 500.000/day (jangan boros ya! Makan streetfood aja, banyak yg enak & unik kok, resto? Boleh sesekali ya, Jangan menyiksa diri juga 😊 
  4. Oleh - oleh : 500.000 - 1.000.000 (tergantung jumlah orang, Kalau hanya untuk 5 orang, 300.000 cukup sih menurut saya)

Tips Solo Traveling? Boleh nih kurang lebih begini;
  1. Selalu bawa barang dengan ringkas, gimana maksudnya? untuk 5 Hari, Bawa 2 Celana, 3 Baju. Mix & Match aja. 
  2. Pisahkan uang kalian. Rupiah bisa disimpan di tas. Untuk uang juga tolong di split ya jadi dibeberapa tempat, ditakutkan jatuh atau ada yang ngambil, tidak semuanya habis. Kalau saya biasanya uang-uang kecil saya taro saku celana saja. Uang besar saya simpan di belakang case HP.
  3. Selalu simpan tas di depan badan. Tidak bermain handphone saat berjalan. 
  4. Jangan tanya sembarangan di jalan. Alternatifnya kalian bisa tanya kepada petugas/security setempat atau orang yang memakai seragam kerja, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Bawa charger kepala 3,
  6. Powerbank, anticipate kalian kehabisan baterai Karena asik foto-foto, ditakutkan kalian kebingugan Karena tidak bisa buka maps.
  7. Untuk tempat-tempat dengan jarak <1.5Km dibiasakan jalan kaki ya, selain menghemat, juga kalian dapat menemukan hal-hal unik selama perjalanan.
  8. Taati Aturan negara tujuan ya guys, hormati orang setempat. Bersikap sopan dimanapun kalian berada pasti kalian selamat, bahkan bisa dapat teman baru.
Happy traveling yaaa……




Komentar